5 media tanam Hidroponik terbaik

5 media tanam Hidroponik terbaik yang dapat dipakai

Wulandari Agustin

Bagi Anda yang senang menekuni dunia pertanian, membahas tentang media tanam adalah hal yang pasti menarik. Terlebih bagi yang akan mencoba bercocok tanam dengan hidroponik. Berikut akan kami jelaskan beberapa jenis media tanam hidroponik beserta kelebihannya.

  1. Spons. Kelebihan media tanam hidroponik berupa spons yakni mudah dipindahkan kemana saja karena beratnya terbilang paling ringan diantara semua media tanam. Meski terbilang ringan, spons tidak perlu pemberat lagi karena ketika disiram, air spons akan menyerapnya dengan maksimal sehingga tanaman mampu tegak.
  2. Arang sekam. Banyak kelebihan arang sekam jika dipakai untuk media tanam hidroponik. Diantaranya adalah mudah didapatkan, harganya murah, steril, mengandung komponen kimia yang mampu membantu tanaman berkembang seperti protein kasar, air, abu, oksigen, lrmak, karbohidrat, hidrogen, karbon, dan silikat. Karena proses pembuatan arang sekam dilakukan dengan cara dibakar, unsur-unsur yang bisa membahayakan tanaman sudah hilang.
  3. Rockwool. Berbahan dasar batu bara, rockwool termasuk media tanam yang ramah lingkungan. Rockwool memiliki keunggulan berbeda dibandingkan dengan media tanam lain, terutama dalam hal komposisi udara dan air yang bisa disimpan dengan lebih baik.
  4. Serbuk sabut kelapa. Mulanya, sabut kelapa yang satu ini dipakai untuk bahan keset dan sapu. Akhir-akhir ini, berkat penelitian dari orang Belanda, sabut kelapa bisa dijadikan sebagai media tanam hidroponik. Sabut kelapa terbukti bisa menyimpan air lebih banyak dengan kemampuan menahan air sampai 9 kali lipat dari volumenya.
  5. Pasir. Media ini biasanya dipakai untuk bahan baku pembangunan. Namun kini pasir juga dipakai untuk media tanam hidroponik karena mudah basah dan mudah kering kembali dengan pori-pori makro yang berjumlah sangat banyak. Dari sifatnya tersebut, pasir mampu menghasilkan sirkulasi udara baik untuk akar tumbuhan.

Tidak heran jika pasir disebut sebagai salah satu media tanam hidroponik untuk perakaran stek batang tanaman, pertumbuhan bibit, sampai proses penyemaian.

Itulah beberapa jenis media tanam hidroponik terbaik yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda sebaiknya sering melakukan percobaan untuk menemukan pola bercocok tanam yang paling bagus.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk keberlangsungan pertanian Anda.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts