Cara ampuh menghilangkan kutu kucing

Pernahkah Anda merasakan gatal-gatal di kepala karena kutu? Kutu memang senang berada di tempat hangat dan gelap seperti rambut. Selain di rambut,...

Wulandari Agustin
Cara ampuh menghilangkan kutu kucing

Pernahkah Anda merasakan gatal-gatal di kepala karena kutu? Kutu memang senang berada di tempat hangat dan gelap seperti rambut. Selain di rambut, kutu juga bisa hinggap dan hidup di bulu kucing. 

Keberadaan kutu pada bulu kucing sebaiknya jangan dianggap sepele. Perlu dilakukan beberapa cara untuk menghilangkan kutu pada kucing karena kutu akan membuat kucing menggaruk-garuk tubuhnya sendiri. Jika dibiarkan lama, kulit kucing tentu akan lecet bahkan luka yang nantinya memungkinkan terjadinya alergi dan infeksi.

Tidak hanya itu, kutu pada kucing juga bisa menyerang pemiliknya. Sebelum hal itu terjadi, berikut kami berikan tips ampuh menghilangkan kutu kucing.

  1. Mandikan kucing secara rutin. Tidak hanya manudia yang perlu mandi, kucing juga perlu agar tubuhnya tetap bersih. Aktifitas mandi ini bagus untuk menghilangkan telur kutu pada bulu kucing. Agar ampuh, kucing yang sudah terdeteksi memiliki kutu bisa menggunakan sampo anti kutu saat mandi.
  2. Rajin menyisir bulu kucing. Setelah kucing dimandikan dengan sampo, sisir bulu kucing agar kutunya hilang. Lakukan dengan lembut dan merata. Menyisir bulu kucing dengan rutin juga baik untuk mencegah kutu datang kembali. 
  3. Menyemprotkan air lemon. Selain dengan sampo anti kutu, air lemon juga bisa menjadi alternatif lain untuk membasmi kutu kucing. Kandungan asam sitrat dalam lemon tidak disukai kutu sehingga akan sangat ampuh untuk membuat kutu tidak nyaman berlama-lama di dalam bulu kucing. Caranya mudah. Ambil lemon, potong menjadi empat bagian, masukkan ke dalam air panas. Biarkan semalaman lalu saring. Masukkan air lemon tersebut ke dalam botol semprot dan rutin semprotkan pada bulu kucing sehari sekali.
  4. Rendam kucing dalam air garam. Larva dan telur kucing bisa dihilangkan juga dengan garam. Caranya sediakan ember berisi air hangat yang sudah dicampur garam untuk kucing berendam. Perhatikan selalu ketika kucing sedang berendam dan jangan sampai tenggelam.
  5. Membatasi aktifitas kucing di luar. Jika kucing sering berada di luar rumah dan suka berpetualang, kucing memiliki kemungkinan lebih besar terkena kutu. Oleh karena itu, jika kucing Anda sedang dalam perawatan untuk membasmi kutu maka sebaiknya batasi aktifitas di luar rumah dengan menutup pintu, jendela, atau lubang yang menyebabkan kucing keluar rumah.

Selamat mencoba! Semoga kucing Anda tidak lagi berkutu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *