Cara bertanam Hidroponik untuk pemula

Berkebun dengan cara hidroponik akhir-akhir ini sedang trend. Sesuai dengan namanya, hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan media air sehingga tidak memerlukan...

Wulandari Agustin
Cara bertanam Hidroponik untuk pemula

Berkebun dengan cara hidroponik akhir-akhir ini sedang trend. Sesuai dengan namanya, hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan media air sehingga tidak memerlukan tanah sedikit pun.

Cara bertanam hidroponik yang sederhana semakin disukai banyak orang karena tidak memerlukan peralatan yang rumit, bahkan bisa pakai bahan-bahan bekas.

Bagi Anda yang senang mencoba hal-hal baru, bercocok tanam dengan cara hidroponik dapat memberikan pengalaman tersendiri. Jika Anda ingin mengetahui tentang cara bertanam hidroponik untuk pemula, berikut kami berikan tips-tips bertanam hidroponik yang sederhana.

Secara umum, terdapat dua cara bercocok tanam dengan hidroponik bagi pemula.

Dengan wick atau sumbu

Hidroponik wick atau sumbu

Cara hidroponik yang satu ini banyak dipraktikkan dan cukup populer. Cara membuatnya sangat mudah dan simpel. Bahkan bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai seperti botol air kemasan.

Alat-alat yang dibutuhkan diantaranya adalah botol plastik bekas air mineral ukuran besar, alat potong, alat untuk membuat lubang, air nutrisi, serta sumbu kompor atau kain flanel. 

Cara membuatnya, potong botol plastik menjadi dua bagian dan beri lubang di bagian tutup botolnya. Gabungkan kedua bagian tersebut dan pastikan posisinya benar. Isi bagian botol dibawah menggunakan campuran air nutrisi. Pasang sumbu atau kain flanel pada lubang di tutup botol dan pastikan sumbu akan menyerap nutrisi dengan maksimal. Lalu tanam bibit yang diinginkan.

Nutrient Film Technique (NFT)

Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT)

Cara ini juga tidak kalah populer dengan cara wick. Teknik NFT mempunyai konsep bercocok tanam dengan posisi akar ada di bagian lapisan nutrisi dangkal. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah sirkulasinya. Pastikan sirkulasi berjalan lancar sehingga oksigen serta nutrisinya bisa sampai dengan baik pada tanaman.

Alat utama untuk menanam tanaman hidroponik dengan sistem NFT adalah tangki yang akan digunakan sebagai penampung. Selain itu, siapkan juga pompa dan pipa. Cara membuatnya dengan menyusun pipa yang telah diberi lubang untuk tempat tumbuhannya menggunakan bak penampung di bagian yang lebih rendah. Terakhir, Anda tinggal memasang pompa sehingga air nutrisi akan lancar mengalir.

Cara bertanam hidroponik untuk pemula mudah kan? Siap untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *