Cara memandikan kucing di rumah agar terbebas dari kutu

Mandi adalah aktifitas yang harus dilakukan manusia agar fisiknya tetap bersih, sehat dan nyaman. Seperti halnya manusia, ternyata hewan peliharaan juga perlu...

Wulandari Agustin
Cara memandikan kucing

Mandi adalah aktifitas yang harus dilakukan manusia agar fisiknya tetap bersih, sehat dan nyaman. Seperti halnya manusia, ternyata hewan peliharaan juga perlu mandi. Terutama kucing. Meski tidak perlu sesering manusia, kucing perlu mandi secara rutin untuk membersihkan kotoran pada tubuh dan bulunya.

Bagi kucing liar, mereka biasanya cukup membersihkan diri dengan menjilati tubuhnya. Tapi bagi kucing peliharaan umumnya akan dimandikan dengan lebih bersih. Memandikan kucing dengan benar baik untuk membersihkan kucing dari kutu, jamur, bakteri, ataupun kotoran yang membuat kucing tidak sehat.

Cara memandikan kucing di rumah sebenarnya tidak sulit. Namun ada hal yang perlu diwaspapdai karena umumnya kucing tidak menyukai air, sehingga begitu Anda memandikan kucing, bisa jadi kucing berontak dan mencakar Anda.

Nah, agar proses memandikan kucing di rumah bisa dilakukan dengan lancar, berikut cara-cara memandikan kucing.

  1. Siapkan peralatan wajib. Hal-hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah ember berisi air hangat, sampo khusus kucing, sisir, hair dryer, dan handuk.
  2. Basahi semua tubuh kucing. Untuk memulai ritual mandi kucing, pertama Anda harus basahi semua bagian tubuh kucing sampai merata. Hati-hati airnya masuk ke telinga kucing ya!
  3. Pakai sampo. Setelah tubuhnya basah, ambil sampo dan letakkan di telapak tangan Anda lalu usapkan ke seluruh bagian tubuh kucing kecuali wajahnya. Agar kucing merasa nyaman, Anda juga bisa sambil memijatnya.
  4. Bilas. Setelah sampo kucing diaplikasikan secara merata, sekarang tiba saatnya membilas tubuh kucing sampai bersih. Pastikan tidak ada lagi busa yang tersisa.
  5. Keringkan tubuh kucing. Pakai handuk lembut untuk mengeringkan kucing. Selain itu, menggunakan hair drier juga bisa dilakukan jika kucing Anda suka.
  6. Bersihkan telinga kucing. Sebagai tambahan, Anda juga bisa membersihkan telinga kucing dengan cotton bud. Bersihkan secara pelan-pelan agar kucing tidak merasakan kesakitan. 
  7. Potong kuku kucing. Agar lebih sempurna, Anda juga bisa memperhatikan kebersihan kuku kucing. Jika panjang, segera potong. Selain agar kuku kucing bersih, memotong kuku kucing juga penting untuk meminimalisir luka yang dialami jika kucing mencakar Anda.

Sekian tips memandikan kucing di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *