Cara mengatasi keputihan secara alami dengan bahan-bahan tradisional

Secara umum, jenis-jenis keputihan dibagi menjadi dua yakni keputihan normal dan keputihan tidak normal. Ciri-ciri keputihan normal diantaranya adalah cairan yang keluar...

Wulandari Agustin
Cara mengatasi keputihan secara alami

Secara umum, jenis-jenis keputihan dibagi menjadi dua yakni keputihan normal dan keputihan tidak normal. Ciri-ciri keputihan normal diantaranya adalah cairan yang keluar dari vagina berwarna bening dan tidak memiliki bau menyengat. Sedangkan keputihan perlu diwaspadai ketika ciri-cirinya sudah tidak normal lagi seperti mulai berbau menyengat, adanya perubahan warna menjadi kekuningan, kehijauan, atau bahkan kecoklatan, serta keluar dari vagina dalam jumlah banyak sehingga cukup mengganggu dan membuat vagina selalu lembap.

Jika hal tersebut sudah terjadi, Anda masih bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami. Berikut kami ulas cara mengatasi keputihan secara alami dengan bahan-bahan tradisional yang tersedia di alam.

  1. Air rebusan daun sirih. Anda bisa mengambil beberapa helai daun sirih, lalu rebus dengan air selama 5-10 menit. Selanjutnya, biarkan air rebusan tersebut menghangat. Setelah itu, baru pakai untuk membasuh vagina. Khasiat daun sirih untuk urusan masalah kewanitaan sudah terkenal sejak lama. Itulah mengapa banyak produk kewanitaan menggunakan daun sirih sebagai komposisi utamanya. Namun sebelum Anda membeli produk berbahan daun sirih, Anda juga bisa mencoba membuat sendiri air rebusan daun sirih seperti yang telah kami sebutkan. Selain lebih ekonomis, kealamiannya pun lebih terjaga.
  2. Cuka apel. Cuka apel ternyata mempunyai khasiat dalam mengobati keputihan tidak normal. Kandungan yang ada dalam sari cuka apel mampu menjaga pH lebih stabil dan seimbang. Cuka apel juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam organ kewanitaan dan bisa mengurangi bau menyengat atau bau tidak sedap pada vagina. Berbeda dengan air rebusan daun sirih, untuk penggunaan cuka apel cukup dengan meminumnya sehari 1-2 sendok yang dicampurkan air putih. 
  3. Mengonsumsi jus delima. Di Indonesia, buah delima cukup populer. Selain rasanya yang segar, buah delima juga cukup atraktif dengan warnanya yang menarik perhatian. Mengonsumsi buah delima secara rutin juga ternyata mampu mencegah dan mengatasi keputihan tidak normal.
  4. Mengonsumsi yoghurt. Kandungan prebiotik alami yang tinggi dalam yoghurt bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat dalam organ kewanitaan. Cara alami mengatasi keputihan dengan yoghurt adalah dengan rutin mengonsumsinya setiap hari. Anda bisa menambahkan berbagai buah-buahan segar sebagai pendampingnya.
  5. Minum air putih. Saat Anda mengalami keputihan abnormal yang sangat mengganggu, cara paling gampang untuk menyembuhkannya adalah dengan banyak minum air putih. Air putih memiliki manfaat untuk menetralisir racun yang mengendap dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh mampu bermetabolisme dengan baik. Efeknya, tubuh bisa menjaga keseimbangan pH alami pada vagina. 

Itulah cara-cara mengatasi keputihan tidak normal secara alami. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *