Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

Cara menghilangkan kutu kucing secara alami

Wulandari Agustin

Kucing rentan dihinggapi serangga seperti kutu. Saat kutu tersebut menggigit kulit kucing, maka otomatis si kucing akan merasa gatal dan menggaruk-garuk atau bahkan menggigit kulitnya sendiri.

Selain membuat kucing tidak nyaman, kutu juga dapat membuat kucing menderita infeksi dan alergi. Pengobatan kutu kucing bisa jadi memakan biaya. Terlebih jika Anda pergi ke dokter hewan. Jika Anda ingin mengirit biaya, Anda bisa mengikuti cara alami dalam menghilangkan kutu kucing berikut ini.

  1. Mandikan kucing dengan rutin. Ketika Anda menyadari kucing Anda sering menggaruk-garuk tubuhnya, segera mandikan kucing. Baiknya memandikan kucing dengan sampo khusus kucing, namun bisa juga memandikan kucing dengan sabun cuci piring dengan aroma lemon. Bilas dengan bersih sampai tidak ada lagi busa yang tersisa.
  2. Sisir kucing. Pakai sisir dengan gerigi yang rapat setelah kucing dimandikan. Jika perlu, keringkan bulu kucing dengan hair drier sambil bulunya terus disisir. 
  3. Bersihkan tempat tidur kucing. Jangan lupa untuk rutin mencuci selimut sebagai alas untuk tidur kucing dengan air panas. Karena bisa jadi telur-telur kutu bersarang di sana.
  4. Semprot bulu kucing dengan air lemon. Kutu tidak suka dengan aroma lemon dan cenderung akan mati jika tersemprot air lemon. Caranya peras lemon lalu campur dengan air dan semprotkan pada bulu kucing dengan teratur.
  5. Ramuan cuka apel. Selain dengan perasan air lemon, kutu kucing juga tidak suka dengan cuka apel. Oleh karena itu, cobalah membuat ramuan cuka apel. Caranya campur air dan cuka dengan komposisi 50:50, lalu masukkan ke botol semprot. 
  6. Tetesi ikat leher dengan minyak kayu putih. Jika kucing Anda menggunakan ikat leher, Anda dapat memberikan beberapa tetes minyak kayu putih pada ikat leher tersebut. Selain minyak kayu putih, Anda juga bisa menggantinya dengan minyak pohon teh, serai, atau geranium. Namun harus hati-hati dalam mengoleskannya dan jangan terlalu banyak. Karena jika terlalu banyak, efeknha bisa membuat kucing merasa mual dan lemah.

Itulah beberapa tips ampuh untuk menghilangkan kutu kucing secara alami di rumah tanpa perlu pergi ke dokter hewan. Semoga bermanfaat.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts