Cara menjaga bulu kucing agar tidak rontok

Kerontokan bulu pada kucing adalah hal wajar. Namun patut diwaspadai ketika bulu yang rontok dalam jumlah yang banyak dan cukup mengganggu karena...

Wulandari Agustin
Cara menjaga bulu kucing agar tidak rontok

Kerontokan bulu pada kucing adalah hal wajar. Namun patut diwaspadai ketika bulu yang rontok dalam jumlah yang banyak dan cukup mengganggu karena berceceran di karpet, lantai, sofa, bahkan temlat tidur.

Perlu diketahui, ada beberapa penyebab bulu kucing menjadi mudah rontok. Diantaranya adalah kekurangan gizi,  salah pilih sampo, alergi, perubahan suhu, terkena jamur, sedang dalam pengobatan, atau sedang stres.

Lalu bagaimana cara mengatasi bulu kucing yang mudah rontok? Berikut tips mengatasi kerontokan bulu pada kucing.

  1. Rawat seperti biasa. Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah karena sudah waktunya. Oleh karena itu, biarkan dan rawat saja seperti biasa dan jangan diambil pusing. Selalu rutin bersihkan bulu kucing dengan vaccuum cleaner pada sofa, karpet, dan temlat tidur Anda.
  2. Buat kucing nyaman. Penyebab bulu kucing rontok lainnya adalah karena kucing merasa stres. Beri kucing Anda mainan dan buat dia selalu nyaman agar kucing terhindar dari stres.
  3. Ganti produk sampo yang cocok. Perawatan kucing yang paling sering digunakan adalah sampo kucing. Jika bulu kucing menjadi mudah rontok setelah dilakukan perawatan, bisa jadi sampo yang dipakai kurang cocok. Anda bisa mencoba memilih sampo jenis lain yang lebih cocok untuk kucing Anda.
  4. Beri vitamin. Beri kucing Anda vitamin yang cukup agar bulunya lebih halus, lebat, dan tidak mudah rontok.
  5. Rutin menyisir bulu kucing. Banyak manfaat yang dirasakan kucing saat bulunya rutin disisir. Diantaranya adalah untuk menyingkirkan tungau dan kutu, mencegah kerontokan, melancarkan metabolisme tubuh kucing yang memiliki dampak baik untuk kulitnya, serta meningkatkan hubungan emosional antara kucing dan pemiliknya.
  6. Pakai obat khusus untuk merawat bulu. Anda bisa mendapatkan obat tersebut di pet shop. Obat bulu kucing tersebut bisa manjur dengan catatan penggunaannya tepat. 

Sekian tips merawat bulu kucing dan tips mengatasi bulu kucing agar tidak mudah rontok. Jika Anda telah menerapkan tips tersebut tetapi bulu kucing Anda tetap saja rontok, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *