Tips menjaga kesehatan Miss V

Organ kewanitaan khususnya vagina atau yang akrab disebut Miss V adalah daerah paling lembap pada bagian tubuh perempuan. Hal tersebut menyebabkan Miss...

Wulandari Agustin
Tips menjaga kesehatan Miss V

Organ kewanitaan khususnya vagina atau yang akrab disebut Miss V adalah daerah paling lembap pada bagian tubuh perempuan. Hal tersebut menyebabkan Miss V rawan terkena infeksi seperti infeksi bakteri dan infeksi jamur. Oleh karena itu, menjaga kesehatan Miss V sangat penting dilakukan.

Berikut kami berikan tips menjaga kesehatan Miss V.

  1. Bersihkan Miss V dengan benar. Karena posisinya yang tidak terlihat, tidak jarang kebersihan Miss V terabaikan. Oleh karena itu, ketika membersihkannya, pastikan Miss V benar-benar bersih. Ketahuilah cara membersihkan Miss V yang benar yaitu dengan membersihkannya dari depan ke belakang sehingga bakteri tidak baik dari anus tidak akan sampai ke vagina. Selanjutnya, jangan lupabuntuk mengeringkan Miss V dengan kain kering atau tisu sekali pakai. Sama ketika sedang dibersihkan, usahakan juga mengeringkan Miss V dengan gerakan dari depan ke belakang.
  2. Ganti celana dalam dengan rutin. Sebaiknya celana dalam diganti rutin minimal dua kali dalam sehari. Hal ini sangat penting dilakukan agar celana dalam selalu dalam keadaan bersih dan tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur jahat penyebab gatal-gatal dan keputihan. Selain itu, pakai celana dalam yang berbahan lembut seperti katun agar mampu menyerap keringat dengan sempurna. Hindari bahan nilon atau polyster yang mudah menimbulkan panas.
  3. Perhatikan penggunaan pembalut atau pantyliner. Perlu Anda ketahui bahwa pembalut atau pantyliner adalah media yang bisa membuat bakteri atau jamur berkembangbiak dan menyebabkan masalah pada miss V. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin mengganti pantyliner ataupun pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali. Terlebih jika sedang menstruasi banyak, pembalut sebaiknya diganti setiap dua jam.
  4. Pakai sabun yang tepat. Sebaiknya hindari penggunaan sabun kewanitaan yang mengandung deterjen ataupun wangi-wangian. Komposisi tersebut bisa membunuh bakteri baik dalam vagina. Pakailah sabun organ kewanitaan dengan pH tepat dan terbuat dari bahan alami seperti ekstrak daun sirih. 

Demikian sedikit tips mengenai cara menjaga kesehatan Miss V. Vagina memang menjadi organ yang sensitif. Oleh karena itu, jangan sekalipun mengabaikan cara menjaganya agar vagina Anda tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *